Sabtu, 10 April 2010

MAD (Mobile ADvantage)

Beberapa waktu yang lalu,di kampus saya, Universitas Gunadarma ada promosi dan sosialisasi MAD (Mobile Advantage),banyak yang bertanya-tanya apakah MAD itu..? MAD merupakan layanan komunikasi berbasis ponsel dengan jangkauan luas, bersifat personal, terarah dan efektif kini hadir di Indonesia.

Kehadiran MAD produk Go Mobile ini, untuk menyampaikan (broadcast) dalam bentuk berita dan iklan melalui konsep One Cast Mobile Media atau berbasis perorangan yang berbeda dengan konsep broadcast biasa.

"Go Mobile mencoba mengaplikasikan teknologi teranyar di dunia ini, untuk membantu para pemasar (marketer) bisa mendapatkan nilai tambah lebih dari investasinya," ujar Presiden Direktur Go Mobile, Bobby Arthawan pada peluncuran layanan Mobile Advantage (MAD) di Jakarta, Rabu (20/1/10).

Menurut survey Global Mobile Forecast, Informa UK, Pyramid Resource, dari 2,2 miliar pelanggan ponsel di Asia Pasifik, Indonesia diprediksi akan meraih pasar sebanyak 150 juta pada akhir tahun 2010, terbesar ketiga setelah China dan India.

Kemajuan ini lebih dari sekadar bagian gaya hidup, sebab ponsel diyakini akan memegang peranan penting dalam industri mobile media yang serba dinamis, ucap Bobby.

Saat ini, sambung Bobby, layanan MAD baru tersedia untuk ponsel dengan sistem operasi Symbian. Mengingat. 40% pengguna ponsel memakai symbian namun ke depan Go Mobile bakal menggunakan platform lainnya dengan teknologi terbarukan. Pertengahan 2009, Go Mobile mampu melayani lebih dari 75% platform sistem operasi yang sudah ada di Indonesia.

Ditakatakan. sepanjang 2010, Go Mobile menargetkan sekitar satu juta pelanggan akan mendaftarkan layanan ini. Rata-rata diperkirakan seorang pelanggan akan menghabiskan pulsa Rp12 ribu hingga Rp18 ribu untuk menggunakan layanan MAD.
Dan Go Mobile menawarkan benefit berupa pengembalian pulsa dua kali lipat.

Pengguna yang menjadi subscriber MAD akan mendapatkan layanan informasi berita seperti laiknya running text yang berjalan di ponsel. Untuk iklan, akan menampilkan video-video iklan setiap melakukan panggilan. Untuk informasi yang dihadirkan, Go Mobile memiliki redaksi tersendiri dan kemungkinan menggaet kantor-kantor media massa.

Diungkapkan untuk mendapatkan layanan ini, sementara pelanggan bisa mengaksesnya melalui sms yang disediakan operator telekomunikasi yang bekerjasama Go Mobile.

MAD menggunakan teknologi biometrik yang merupakan teknologi untuk verifikasi pengguna di mana data base dari pengguna Go
Mobile bisa dibilang unik karena tak ada replikasi. Saat ini di dunia, teknologi biometrik untuk pemasaran hanya digunakan oleh
Go Mobile. Dengan teknologi biometrik broadcast berubah menjadi One Cast.

Layanan mobile advantage ini akan memberikan warna baru bagi industri media nasional di dalam perkembangan periklanan dan berita pada dekade mendatang, kata Bobby.

Iklan dan news dari GoMobile ditayangkan sesuai dengan izin dari pengguna dan tidak mengganggu kinerja ponsel karena Go
Mobile telah mendapatkan sertfikasi dan kerjasama dengan Symbian Foundation. Subscriber MAD akan dapat menggunakan fitur
secara interaktif serta mendapatkan imbalan dalam bentuk pulsa dan diskon.

Bobby menambahkan, studi tentang perilaku pasar yang dilakukan oleh The Nielsen Company pada 2009 menyimpulkan ada empat keunggulan mobile advertising yakni memetakan sasaran berpotensi (sizing potensial audience), menargetkan audience secara dekat demi advertiser (close-targeting audience for advertiser), jangkauan komunikasi dari satu titik ke titik lainnya (point to point reach of communication) serta mengoptimalkan marketing mix (optimize marketing mix).

Konsep Mobile Advantage, tambah dia, berdasarkan persetujuan pengguna, tepat sasaran dan cocol untuk pengguna serta sangat menguntungkan (beneficial). Sedangkan syarat-syarat teknis untuk MAD, pertama HP yang digunakan compatible dengan MAD yaitu menggunakan sistem operasi Symbian dan Koneksi internet aktif. Dan cara mendapatkan layanan MAD bisa melalui SMS juga bisa melalui website MAD, tambahnya..

Dikatakan iklan bisa diperlihatkan ke pengguna-pengguna tertentu berdasarkan profil mereka, misalnya disesuaikan dengan demografi (usia, kelamin, kota) dan psikografi (hobi, kesukaan, gaya hidup dll). Munculnya iklan juga bisa diatur berdasarkan tanggal dan jam tayang. Go Mobile menggunakan teknologi canggih yang akurat, cepat dan aman yaitu IRIS SCSNNER untuk membangun jaringan verifikasi.
Daftar Pustaka :
http://www.kabarbisnis.com/umum/IT/288903-_Mobile_Advantage__layanan_komunikasi_berbasis_ponsel.html
www.gomobile.co.id/mad.html
http://mad.co.id:5858/mad_website/marketer.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar